#RoyalWedding

Nothing is impossible even fairy tale though

I do love to see Prince Harry and Meghan Markle’s wedding. They look so happy. This is what we called the power of love. I admire them btw 😍😘💖 #RoyalWedding #19thMay2018

Iklan

Review Dilan, Dia Adalah Dilanku Tahun 1990

Berdasarkan rekomendasi dari orang-orang, gue akhirnya mulai baca Dilan. Gue telat, novelnya terbit 2015 dan filmnya sudah muncul Januari 2018. Novelnya belum baca apalagi filmnya hehehe 😁.

Dari pengalaman yang sudah-sudah, film yang diangkat dari novel atau buku kadang tidak selengkap dari novelnya (bahkan diedit), karena itu gue memilih membaca novelnya dulu baru filmnya. Meskipun sudah terlanjur tahu pemeran di filmnya, otak gue tidak menolak Iqbaal Ramadhan (Dilan) dan Vanesha Prescilla (Milea) yang muncul begitu saja di imajinasi gue. Oke, doi memang cocok.

Novel remaja anak SMA, cinta-cintaan, tapi no gombal menurut gue.

Bercerita tentang dua sejoli yang jatuh cinta, Dilan dan Milea. Dilan pengen ke Milea dan Milea pengen ke Dilan. Gaya bahasa dari pemilik novel, Pidi Baiq, kadang bikin gue ngakak 😂.

Berlatar di Bandung dengan rekam jejak tahun 1990. Dan kisah ini diambil dari sudut pandang Milea.

Dilan dan Milea sama-sama anak kelas 2 SMA tapi beda kelas.

Milea adalah murid baru pindahan dari Jakarta.

Awal pertemuan mereka terjadi saat Milea jalan kaki menuju sekolahnya diikuti Dilan yang menyapanya dengan meramal sambil naik motor.

Karakter yang pertama kali muncul di otak gue tentang Dilan adalah out of the box. Belum pernah gue berpikir dan kepikiran seperti Dilan. Jadi inget temen gue.

Dilan dengan segala cara out of the box-nya melakukan pendekatan kepada Milea berhasil bikin gue senyum dan geli sendiri.

Misal Dilan yang pernah meramal dan salah, Dilan yang pernah datang ke rumah Milea untuk memberi surat undangan sekolah pada hari Senin sampai Sabtu lengkap dengan nama Kepala Sekolah yang turut mengundang, Dilan yang pernah mengirim Bi Asih untuk memijit Milea saat doi sakit, Dilan yang pernah menyuruh tukang koran, tukang sayur, tukang pos, petugas PLN, tukang nasi goreng untuk menyampaikan cokelatnya kepada Milea, Dilan yang pernah ngasih kado ultah berupa buku TTS yang sudah diisinya, Dilan yang suka bahas hal-hal yang tidak penting tapi tetap menumbuhkan rasa cinta, Dilan yang selalu bisa membuat Milea merasa dilindungi dan masih banyak lagi.

Walaupun Dilan adalah sang panglima tempur di gank motornya tapi di mata orang terdekatnya Dilan adalah sosok yang baik, berani, lucu, romantis, suka baca, puisi dan sastra. Dan Dilan itu penurut saat Milea memaksanya jalan-jalan untuk mengagalkan rencana penyerangan.

Keseluruhan dari novel ini bercerita tentang PDKT Dilan ke Milea yang sudah gue sebut di awal. Adapun konflik yang terjadi seperti Milea yang dimaki pelacur oleh Beni (pacarnya di Jakarta sebelum Milea pindah ke Bandung), sekolah mereka yang diserang sekolah lain karena Anhar teman Dilan, Dilan vs Suripto guru di sekolah, Milea bersitegang dengan Susiana yang mau ke Dilan, Anhar menampar Milea di warung Bi Eem, perkelahian dengan Anhar, dan masih ada yang lainnya.

Satu scene yang gue tidak sangka adalah, seluruh keluarga Dilan itu kocak mirip Dilan. Dan yang gue suka dari Milea, dia tegas saat minta putus sama Beni juga ke Kang Adi yang coba-coba menjelekkan Dilan.

Satu yang menonjol disini, Milea itu pasti sangat cantik terbukti dari banyaknya cowok yang naksir seperti Dilan, Nandan teman sekelasnya, dan Kang Adi anak teman Ayah Milea sebagai pembimbing belajar Milea. Dan disini terbuka fakta tentang susahnya jadi cewek cantik, karena beberapa kali Milea digoda cowok usil.

Karena ini cerita remaja anak sma, galau itu biasa.

Sampai jumpa di buku kedua, Dilan, dia adalah Dilanku tahun 1991 😁😄.

Kutipan Dilan 1990:

  • Cinta itu indah. Jika bagimu tidak, mungkin karena salah milih pasangan – Pidi Baiq
  • Kekuatan cinta tak bisa cukup diandalkan. Untuk bisa mengatakannya, ada kebebasan bicara, tetapi keberanian adalah segalanya – Pidi Baiq
  • Milea kamu cantik, tapi aku belum mencintaimu. Enggak tahu kalau sore. Tunggu saja – Dilan
  • Milea, jangan pernah bilang ke aku ada yang menyakitimu, nanti, besoknya, orang itu akan hilang – Dilan
  • Selamat ulang tahun Milea. Ini hadiah untukmu cuma TTS. Tapi sudah ku isi semua. Aku sayang kamu. Aku tidak ingin kamu pusing karena harus mengisinya – Dilan
  • Cemburu itu hanya untuk orang yang nggak percaya diri. Dan sekarang aku sedang tidak percaya diri – Dilan
  • Jangan rindu, berat. Kamu nggak akan kuat, biar aku saja – Dilan
  • Tidak mencintainya bukan berarti membencinya – Dilan
  • Gak pacaran juga gak apa-apa, asal kamunya tetap ada di bumi. Udah cukup, udah bikin aku seneng – Dilan
  • Cinta sejati adalah kenyamanan, kepercayaan, dan dukungan. Kalau kamu tidak setuju, aku tidak peduli – Milea
  • Dan masih banyak lagi.