Great Motivations

Edisi repost dari blog sebelumnya pada 31 Desember 2008 “yang sudah disunting”. Selamat menikmati 😀

Beberapa buku telah kubaca salah satunya Tetralogi Laskar Pelangi (Laskar Pelangi, Sang Pemimpi, Edensor dan Maryamah Karpov). Berikut berbagai motivasi hebat yang terkandung dalam Tetralogi Laskar Pelangi.

LASKAR PELANGI
1. Hidup bisa demikian bahagia dalam keterbatasan jika dimaknai dengan keikhlasan berkorban untuk sesama.
2. Keteguahn pendirian, tentang ketekunan, tentang keinginan kuat untuk mencapai cita-cita.
3. Hiduplah untuk memberi sebanyak-banyaknya, bukan untuk menerima sebanyak-banyaknya.
4. Sholatlah tepat waktu, biar dapat pahala lebih banyak.
5. Amar makruf nahi mungkar (menyuruh kepada yang makruf dan mencegah dari yang mungkar).
6. Jika kami kesulitan, ia (Lintang) mengajari kami dengan sabar dan selalu membesarkan hati kami. Keunggulannya tidak menimbulkan perasaan terancam bagi sekitarnya, kecermalangannya tidak menerbitkan iri dengki, dan kehebatannya tidak sedikitpun mengisyaratkan sifat-sifat angkuh. Kami bangga dan jatuh hati padanya sebagai seorang sahabat dan sebagai seorang murid yang cerdas luar biasa.
7. Kulil haqqu walau kana murron (katakan kebenaran walaupun pahit).
8. Kami diajari tak bicara jika adzan berkumandang, diam dan simaklah panggilan menuju kemenangan itu.
9. Jangan kekenyangan kalau makan malam, itu akan membuat telingamu tuli dan otakmu tumpul.
10. Nasib, usaha dan takdir bagaikan tiga bukit biru samar-samar yang memeluk manusia dalam lena. Mereka yang gagal tak jarang menyalahkan aturan main Tuhan. Jika mereka miskin mereka mengatakan bahwa Tuhan, melalui takdirnya, memang mengharuskan mereka miskin. Bukit-bukit itu membentuk konspirasi rahasia masa depan dan definisi yang sulit dipahami sebagian orang. Seseorang yang lelah berusaha menunggu takdir akan mengubah nasibnya. Sebaliknya, seseorang yang enggan membanting tulang menerima saja nasibnya yang menurutnya tak kan berubah karena semua telah ditakdirkan. Inilah lingkaran iblis yang umumnya melanda para pemalas. Tapi yang pasti pengalaman selalu menunjukkan bahwa hidup dengan usaha adalah mata yang ditutup untuk memilih buah-buahan dalam keranjang. Buah apapun yang didapat kita tetap mendapat buah. Sedangkan hidup tanpa usaha adalah mata yang ditutup untuk mencari kucing hitam di dalam kamar gelap dan kucingnya tidak ada.

SANG PEMIMPI
1. Setiap peristiwa di jagat raya ini adalah potongan-potongan mozaik. Terserak di sana sini, tersebar dalam rentang waktu dan ruang-ruang. Namun, perlahan-lahan ia akan bersatu membentuk sosok seperti Montase Antoni Gaudi. Mozaik-mozaik itu akan membangun siapa dirimu dewasa nanti. Lalu apapun yang kau kerjakan dalam hidup ini, akan bergema dalam keabadian. Maka berkelanalah di atas muka bumi ini untuk menemukan mozaikmu.
2. Masa muda, masa yang berapi-api (H. Rhoma Irama).
3. Hai, orang-orang yang beriman jadikanlah sholat dan sabar sebagai penolongmu sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar (Q.S. Al.Baqarah 153).
4. Berhenti bercita-cita adalah tragedi terbesar dalam hidup manusia, tanpa mimpi dan semangat orang seperti kita akan mati.
5. Sekarang aku memiliki filosofi baru bahwa berbuat yang terbaik pada titik dimana aku berdiri, itulah sesungguhnya sikap yang realistis. Maka sekarang aku adalah orang yang paling optimis. Jika kuibaratkan semangat manusia sebuah kurva, sebuah grafik, maka sikap optimis akan membawa kurva itu terus menanjak

EDENSOR
1. Tabiat orang tak berhubungan dengan gelar yang disematkan kepadanya, bukan pula bagaimana ia menginginkan orang hormat kepadanya, tapi lebih pada berapa besar ia menaruh hormat kepada dirinya sendiri.
2. Membuat pewawancara terkesan: jangan sekali-sekali mengulang pertanyaan pewawancara karena (1) Anda dianggap tidak memerhatikan, (2) Anda tidak sopan dan (3) ada yang tidak beres dengan telinga Anda.
3. Motivation Letter. Akan Saya sumbangkan seluruh ilmu dan pengalaman riset yang Saya dapatkan di Sorbonne demi kemajuan nusa dan bangsa, demi tanah tumpah dara Saya!Tak berlebihan Saya sampaikan bahwa secara diam-diam, sebenarnya Saya telah lama bercita-cita ingin mencurahkan seluruh kemampuan yang Saya miliki, tak digajipun tak apa-apa, demi mengangkat harkat dan martabat umat manusia yang masih terbelakang di negeri Saya, negeri yang benar-benar Saya cintai dengan sepenuh jiwa.
4. Jika harapanmu hancur berkeping-keping, aku akan menjadi bulan yang menerangi jalanmu, matahari bisa membutakan matamu, aku akan berdoa pada langit agar salju berderai di sahara (Anggun C. Sasmi).
5. Tertawalah, seisi dunia akan tertawa bersamamu, jangan bersedih karena Kau hanya akan bersedih sendirian.
6. Jika ingin menjadi manusia yang berubah, jalanilah 3 hal ini; sekolah, banyak-banyak membaca Al-Quran dan berkelana.
7. Jika kita berupaya sekuat tenaga menemukan sesuatu, dan pada titik akhir upaya itu hasilnya masih nihil, maka sebenarnya kita telah menemukan apa yang kita cari dalam diri kita sendiri, yakni kenyataan, kenyataan yang harus dihadapi, sepahit apapun keadaannya.
8. Tak ada hal sekecil apapun terjadi karena kebetulan (pesan-pesan suci Al-Quran dan hipotesa Harun Yahya).

MARYAMAH KARPOV
1. Kesulitan akan gampang dipecahkan dengan mengubah cara pandang, Boi.
2. Tempatkan dirimu sebagai seorang ilmuwan.
3. Semangat dan ilmu dapat menaklukkan apapun.
4. Kuberi tahu satu rahasia padamu, Kawan. Buah paling manis dari berani bermimpi adalah kejadian-kejadian menakjubkan dalam perjalanan menggapainya.
5. Seseorang yang menjadi sumber kekuatan terbesar adalah pula sumber kelemahan terbesar.

Yang dibawah ini bonus motivasi yang berhasil aku kutip dari buku Dibalik Layar Laskar Pelangi.
1. Kalau sama Riri itu, semua harus mungkin, tidak ada yang tidak mungkin. Semua mimpi harus jadi kenyataan.
2. Teguhkan pendirianmu, kalian harus punya ketekunan dan keinginan kuat untuk mencapai cita-cita.
3. Kalian harus punya keberanian dan pantang menyerah melawan kesulitan apapun.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s