Great Motivations Part 2

Edisi repost dari blog sebelumnya pada 16 Maret 2010 “yang sudah disunting”. Cekidot 😀

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Halo semua? Seperti biasa hal klasik yang paling sering dilakukan untuk memulai suatu tulisan atau hal lainnya, menyapa.

Bila kita kilas balik sebelumnya, Great Motivations bagian pertama berkisar tentang kutipan-kutipan yang bersumber dari Tetralogi Laskar Pelangi dan bonus dari Dibalik Layar Laskar Pelangi. Nah pada Great Motivations bagian kedua ini, berasal dari berbagai sumber. Simak saja:

a) Dari bungkus permen bening, punya beraneka ragam warna dan rasa, dan berkilau bila lihat langsung dari iklannya, sebut saja fox

b) Dari sinetron beraroma religi

c) Novel Ayat-Ayat Cinta

d) Novel Ketika Cinta Bertasbih

e) Novel 5 cm

f) Novel Laskar Pelangi (lagi)

g) Lagu Save You punya Simple Plan

h) Tergoda juga ngutip dari internet saat mengakses permen kopi untuk tugas presentasi saat masih jadi Mahasiswa

i) Dari tempelan yang nempel dimana-mana ataupun tulisan-tulisan lainnya

j) Bahkan dari tulisan yang tertempel di dinding salah satu kelas di jurusanku, Administrasi Niaga

k) Juga lihat iklan yang cakep berisi pesan-pesan ataupun moto yang berguna.

Dari basa-basi diatas, maka kutipan-kutipan yang dimaksud diatas adalah dibawah ini:

  1. Setiap hari adalah hari yang baru. Karenanya hadapi dengan semangat baru (sumber a). Sumber a artinya berasal dari permen fox, begitu juga yang lainnya nanti dilihat dari daftar sumber diatas dari a sampai k.
  2. Kesuksesan adalah tahu bagaimana menggunakan waktu dengan baik (sumber a).
  3. Hentikan membuang waktu. Mulailah mengelola dan menginvestasikan waktu. Hal itu akan merupakan investasi paling berharga untuk diri Anda (sumber j).
  4. Keberhasilan memerlukan perjuangan dan perjuangan memerlukan pengorbanan, tidak ada perjuangan tanpa pengorbanan dan tidak ada pengorbanan yang sia-sia (sumber c).
  5. Waktu adalah sesuatu yang mendasari perubahan. Jika waktu berlalu ternyata Anda belum berubah itu artinya Anda telah menyianyiakan waktu (sumber j).
  6. Ketidakmampuan hanya ada di dalam pikiran (sumber a).
  7. Keberuntungan adalah hadiah bagi orang yang berusaha (sumber a).
  8. Kesempatan selalu ada hanya kita tidak tahu kapan datang (sumber a).
  9. Jika air mata adalah beban, jadikan senyum sebagai penawarnya (sumber a).
  10. Jika ada rahasia orang lain, kita tidak boleh tahu karena itu bukan hak kita (sumber b).
  11. Aku bisa, aku pasti bisa, ku tak mau berputus asa (sumber k).
  12. I won’t give up till it’s over (sumber g).
  13. Berubahlah untuk maju (sumber k).
  14. Orang yang memiliki semangat, ia akan mencintai semua yang dihadapinya (sumber d).
  15. Ia yakin jodohnya telah ada, telah disiapkan oleh Allah SWT. Maka ia tidak perlu khawatir. Jodoh adalah bagian dari rezeki. Rezeki seseorang sudah ada jatahnya dan jatah rezeki seseorang tidak akan diambil oleh orang lain tetapi tempaan hidup, ilmu hidup harus diusahakan. Allah tidak akan menambah ilmunya. Ia merasa bekerja serius adalah bagian dari upaya menambah ilmu dan bagian dari usaha mengubah nasib.Wajahnya tampak lelah. Kedua matanya telah merah. Namun sepertinya ia tidak mau menyerah. Dalam kondisi sangat letih, ia harus tetap bekerja. Ia tak mau kalah oleh keadaan. Ia tak mau semangatnya luntur bagitu saja oleh rasa kantuk yang terus menderanya (sumber d).
  16. Tetaplah puas melakukan perbuatan yang baik dan biarkanlah orang lain membicarakan dirimu sesuka mereka (Pythagoras, filsuf dan ahli Matematika Yunani, sumber d).
  17. Kamu akan mendapatkan apa yang kamu inginkan, jika kamu bekerja keras dan tidak keburu mati dulu (sumber d).
  18. Siapa yang bersungguh-sungguh berusaha maka akan mendapatkan apa yang diharapkan (sumber d).
  19. Siapa yang banyak bicaranya maka banyak dosanya, siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir hendaklah berkata yang baik atau diam saja (nasihat Rasulullah SAW, sumber d).
  20. Orang-orang besar sepanjang sejarah adalah mereka yang lebih banyak bekerja daripada bicara (sumber d). Talk Less Do More lah (sumber k).
  21. Jangan biarkan orang lain lebih tahu banyak tentang dirimu (sumber d).
  22. Bekerjalah dengan senang hati dan dengan ketenangan jiwa, yang membuat kamu menyadari, bahwa muatan pikiran yang benar dan usaha yang benar akan mendatangkan hasil yang benar (sumber d).
  23. Jangan pernah engkau merasa tersiksa dengan apa yang engkau anggap baik untuk dirimu (sumber d).
  24. Agar siapa saja yang ingin diluaskan rezeki, hendaklah ia melakukan silaturahmi (Anjuran Rasulullah SAW, diriwayatkan oleh imam muslim, sumber d).
  25. Prinsip hidup saya itu saya dasarkan pada Islam. Sebab saya paling yakin dengan ajaran Islam. Diantara ajaran Islam yang saya yakini adalah ajaran tentang menjaga kesucian.Kesucian lahir dan batin. Kenapa dalam buku-buku fikih pelajaran pertama pasti tentang Tharah tentang bersuci? Adalah agar pemeluk Islam senantiasa menjaga kesucian lahir dan batin. Diantara kesucian-kesucian yang dijaga oleh Islam kesucian hubungan antara pria dan wanita. Islam sama sekali tidak membolehkan ada persentuhan intim antara pria dan wanita kecuali itu adalah suami istri yang sah. Dan ciuman gaya Prancis itu bagi saya sudah termasuk kategori sentuhan sangat intim. Yang dalam Islam tidak boleh dilakukan kecuali oleh pasangan suami isteri. Ini demi menjaga kesucian. Kesucian kaum pria dan wanita. Ketika saya mengatakan bahwa jika sampai saya melakukan ciuman itu dengan wanita yang tidak halal bagi saya, maka saya telah menodai kesucian saya sendiri dan menodai kesucian wanita itu dan itu bagi saya adalah suatu musibah yang luar biasa besarnya. Saya telah kehilangan kesucian bibir saya. Tidak hanya itu, saya juga kehilangan kesucian jiawa saya. Jiwa saya telah terkotori oleh dosa yang entah bagaimana cara menghapusnya. Jika bibir ini kotor oleh gincu bisa dibersihkan dengan air atau yang lainnya. Tapi jika terkotori oleh bibir yang tidak halal, kotor yang tidak tampak bagaimana cara membersihkannya. Meskipun bisa beristighfar, meminta ampun kepada Allah tetap saja bibir ini pernah kotor, ternoda, pernah melakukan dosa yang menjijikkan. Saya tidak mau melakukan hal itu. Saya ingin menjaga kesucian diri saya seluruhnya. Saya ingin menghadiahkan kesucian ini kepada istri saya kelak. Biar dialah yang menyentuhnya pertama kali. Biar dialah yang akan mewangikan jiwa dan raga ini dengan sentuhan-sentuhan yang mendatangkan pahala (sumber d).
  26. Yang penting kita jangan pernah ngomongin kejelekan orang kalau orangnya gak ada.Kita gak akan bantu dia, soalnya dia gak ada disitu, dan emang kalau ada kejelekan orang, langsung aja bilang ke orangnya. Dengan begitu kita bantu dia mengerti akan dirinya dan semuanya akan tambah indah kalau lo tetap jadi diri lo sendiri, bukan orang lain (sumber e).
  27. Awali setiap harimu dengan kebaikan dan komitmen untuk sebuah keberhasilan (sumber i).
  28. Janganlah kamu berpegang teguh pada suatu pendirian tanpa pengetahuan yang meyakinkan, sebab pendengaran, penglihatan, dan hati, masing-masing akan diminta pertanggungjawaban (Surat Al-isra’ : 36, sumber i).
  29. Langit tak selamanya cerah dan hidup tak selamanya indah, awan hitam yang meliputi mendung kadang kala ada hikmahnya oleh itu sinarilah alam kehidupanmu dengan iman dan takwa (sumber i).
  30. Pelajarilah ilmu, barangsiapa mempelajarinya karena Allah, itu takwa, menuntutnya itu ibadah, mengulang-ngulangnya itu tasbih, membahasnya itu jihad, mengajarkannya kepada orang yang tidak tahu itu sedekah, memberikannya kepada ahlinya itu mendekatkan diri kepada Tuhan (Abusy Syaikh Ibnu Hibban dan Ibnu Abdil Barr, Ilya al-Ghozali, 1986, sumber i).
  31. Sebelum kedua telapak kaki seseorang menetap di hari kiamat, akan ditanyakan tentang empat hal lebih dulu: pertama tentang umurnya, untuk apa dihabiskan, kedua tentang masa mudanya untuk apakah dipergunakan, ketiga tentang hartanya dari mana ia peroleh dan untuk apakah dibelanjakan dan keempat tentang ilmunya, apa saja yang ia amalkan (sumber i).
  32. Jangan pernah takut untuk melakukan apapun selama kita yakin yang kita lakukan itu benar (lupa sumbernya).
  33. Surat Ar-Ra’ad :11, Allah berfirman sesungguhnya Allah tidak akan merubah nasib suatu kaum kecuali kaum itu sendiri yang mengubah nasibnya. Jadi nasib saya, masa depan saya, mau jadi apa saya, sayalah yang menentukan. Sukses dan gagalnya saya, sayalah yang menciptakan. Saya sendirilah yang mengaristeki apa yang akan saya raih dalam hidup ini. Takdir Tuhan ada diujung usaha manusia. Tuhan Maha Adil, Dia akan memberikan sesuatu kepada umatnya sesuai dengan kadar usaha dan iktiarnya (sumber c).
  34. Seseorang dengan tujuan yang jelas akan membuat kemajuan walaupun melewati jalan yang sulit. Seseorang yang tanpa tujuan, tidak akan membuat kemajuan walaupun ia berada dijalan yang mulus (sumber c).
  35. Kecerdasan tidak diukur dengan nilai-nilai, tapi dengan hati (sumber f).
  36. Bila kawan hendak tidur, bacalah Ayat Kursi. Maka kawan akan selalu diperlihara oleh Allah, dan tidak akan ada syaitan yang berani mendekati kawan sampai pagi (sumber i).
  37. Allah berfirman dalam sebuah hadits Qudsyi ”bahwasannya Allah menolong hamba-Nya, selama ia menolong saudaranya” (sumber i).
  38. Rasulullah SAW bersabda ”Apabila seseorang dari umatku membaca Ayat Kursi dua belas kali, kemudian dia berwudu dan mengerjakan sholat subuh, niscaya Allah akan menjaganya dari kejahatan syaitan dan derajatnya sama dengan orang yang membaca seluruh alqur’an sebanyak tiga kali dan pada hari kiamat ia akan diberi mahkota dari cahaya yang menyinari semua penghuni dunia”. Cukup membacanya pada tiap hari jumat (sumber i).
  39. Keraguan dan was-was itu datangnya dari syaitan (sumber i).
  40. Nafsu itu adalah sangat jahat oleh itu hendaklah kita mengawal nafsu itu. Jangan biarkan nafsu itu mengawal kita, sebab kalau dia yang mengawal kita maka kita akan menjadi musnah (sumber i).
  41. “Berpikirlah lebih luas, Think BIG, jika kita berpikir hanya untuk hidup di jakarta, sebenarnya masih ada indonesia… jika kita berpikir hanya untuk hidup di indonesia, sebenarnya masih ada dunia… dst” (sumber h).

Demikianlah apa yang disampaikan. Walaupun dalam penyajiannya hanya berupa kutipan-kutipan yang kiki kumpulin dari sana sini atau dengan kata lain bukan orisinil ciptaan kiki, kiki hanya merapatkan mereka agar menjadi bacaan yang menarik dan tentunya dapat memotivasi kita semua, aamiin. Sampai jumpa di lain waktu dan kesempatan, nice to see you.

Wassalam

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s