Harvest Moon For PC

characters

page-1

Berawal dari postingan foto oleh akun ngakakkocak di Instagram beberapa hari yang lalu, sukses membuat gue baper ingin kembali ke zaman SMP dulu. Zaman sesudah gembot dan tendo, zaman lagi ngehits-ngehitsnya main PlayStation 1, zaman dimana Harvest Moon Back to Nature jadi idolanya para gamers, zaman sebelum dunia diserang sosial media, zaman sebelum anak-anak sudah punya HP, zaman sebelum kata alay, cabe-cabean muncul, zaman sebelum alis Shinchan eksis, zaman jauh sebelum video PPAP jadi viral sekarang ini dan sebagainya (lo lanjutin sendiri).

Karena niat gue sudah bulat, hari itu selasa, 18 Oktober 2016, gue langsung buka laptop dan mengetik di mesin pencari google dengan kata kunci “download harvest moon for pc”. Akhirnya gue dijodohkan dengan link yang bukan abal-abal, klik disini. Di website tersebut kita dikasih tahu detail apa saja yang harus kita donlot, yaitu emulator (pengganti stik PlayStation kalau tidak punya), ISO, dan termasuk file game. Ketiga-tiganya harus didonlot. Lihat juga bagian tutorialnya.

Setelah semuanya didonlot, buka emulatornya ePSXe, klik file, pilih RUN ISO, pilih Harvest Moon – Back to Nature.bin, dan yes langsung main (sujud syukur). Tapi masalah baru muncul ketika gue mau ngeload game (hidup tidak semudah itu bro). Butuh sehari penuh buat gue cari formula yang tepat dalam memainkan Harvest Moon for PC ini, hampir dua puluh kali gue buat kesalahan, sudah main gue simpen di memory card persis seperti di PlayStation kemudian keluar. Saat mau masuk lagi ternyata data gak nyimpen, berulang-berulang gue ulangi, tetap saja tiap mau masuk gak bisa nge load, si game bilang tidak ada yang tersimpan. Akhirnya gue cari tahu di yai google dan bertemulah dengan blog satu ini dengan artikel yang berjudul tutorial games Harvest Moon di PC/Laptop yang sangat membantu, klik disini.

Gue sadar bahwa gue salah sehari ini, ternyata main Harvest Moon di PC tidak sama dengan main di PlayStation dalam hal menyimpan data, kita tidak perlu menyimpan permainan kita di memory card, cukup tekan F1 untuk menyimpan atau save data, dan F3 untuk load data, kapan saja, ya kapan saja tidak perlu menunggu sampai tidur seperti manualnya. Dan hebatnya lagi bila kita kalah pada perlombaan kita bisa segera load data dengan menekan F3 setelah menyimpan data dengan menekan F1 sebelum perlombaan, lagi dan lagi, kalau kalah lagi ulangi dan lagi.

Semoga postingan ini bisa membantu buat kamu yang juga mau donlot Harvest Moon for PC. Gue cus dulu ya mau deketin si Ann yang dulu belum sempet gue nikahin. Dah 😀

Tinggalkan Balasan

