Mimpi Kedua

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Mimpi apa itu mimpi?  Mimpi bisa disebut impian ataupun hal yang ingin kita capai, bisa juga sebagai cita-cita.  Mimpi secara klasik sering disebut orang-orang sebagai bunga tidur, tapi mimpi yang dimaksud disini bukan itu tapi yang itu tadi, impian.

Mimpi mulai banyak dibicarakan orang-orang dan menggebu-gebu ke permukaan sejak novel dari seorang anak Melayu, Andrea Hirata lahir.  Novel yang beranak empat yaitu berupa tetralogi bercerita tentang mimpi-mimpi yang selama ini hanya menjadi angan-angan harus diusahakan dengan keras dan harus berani untuk diwujudkan sekalipun kita merasa tidak pantas untuk bermimpi.  Sejak novelnya yang best seller (Tetralogi Laskar Pelangi) itu timbul ke permukaan, banyak orang yang tergugah hatinya dan terkobar api semangatnya.  Maka dari mari berani bermimpi.

Bicara tentang mimpi sudah barang tentu tidak akan ada habis-habisnya.  Kalau ditanya “apa mimpi mu Ki?” wah banyak kawan.  Satu diantaranya telah terwujud, yaitu mendapat pekerjaan, alhamdulillah.  Lamanya mendapat pekerjaan ini yaitu empat bulan setelah lulus dari Politeknik Negeri Sriwijaya, 3 Oktober 2009 silam.  Dan bulan Maret pun menjadi bulan pertama bekerja hingga saat ini, alhamdulillah.

Mimpi pertama terwujud maka dimulailah dengan perjalanan menuju mimpi kedua.  Mimpi kedua ku yaitu lanjut study ke Strata 1.  Karena ku bekerja di sebuah lembaga pendidikan di salah satu Universitas di Palembang sebut saja Universitas Sriwijaya maka ku berpikir kenapa tidak sambil kuliah saja, dan ku pun menyampaikan hajat ku ini kepada orang tua ku, dan alhamdulillah, yeees dapat respon yang bagus.

Pendaftaran calon Mahasiswa Baru pun dibuka sejak tanggal 12 s.d 20 Juli 2010 baik yang berasal dari SMA maupun dari DIII. Tanggal 13 Juli menjadi tanggal saat aku mendaftar dengan membayarkan sejumlah uang di salah satu Bank yang ditunjuk Universitas ini.  Hari berikutnya tanggal 14 Juli adalah mendaftar secara online.  Urusan daftar-mendaftar kelar tinggal menunggu menghadapi tes yang diadakan dua hari pada 21 s.d 22 Juli 2010.  Ikut tes ini tentu gugup bagiku karena sudah lama ku tidak mengutak-ngatik pelajaran, alhasil SKS (sistem kebut semalam).  Soal-soal yang nganggur dirumah bekas tes ini itu ku coba untuk pelototi dan pelajari lagi, dan cari di internet.  Yang tak ku mengerti ku pun bertanya sama kawan yang bernama Uci, ia bagaikan Lintang bagiku.

Hari menghadapi racun (soal-soal maksudnya hehehehe) pun tiba.  Banyak orang berbondong-bondong datang dengan tetek bengek berupa alat-alat tulis dan papan tulis.  Ada yang dianteri ortunya dan ada juga yang masih kebingungan mencari lokasi tes.  Masuk ke lokasi tes ku, alamak yang memilih jurusan Manajemen dikit amat, akuntansi membludak.  Bahkan masih ditemukan bangku-bangku yang kosong dari Tuannya, banyak tidak datang.

Ujian hari pertama berupa Tes Potensi Akademik dan Tes Bidang Studi Dasar sedangkan ujian hari kedua yaitu Tes Bidang Studi Khusus (bagi peserta dari DIII).  Menunggu selama tiga hari setelahnya pengumuman pun keluar pada tanggal 25 Juli 2010, hari minggu.  Ke Warnet pun menjadi tempat tujuan untuk melihat apakah aku lulus atau tidak, karena pengumumannya lewat Website.  Hasilnya iyeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeh aku lulus.  Semacam ada tulisan ”Selamat Anda Diterima”, alhamdulillah, makasih Ya Allah.

Menuju dua hari berikutnya, tanggal 27 Juli 2010 adalah pendaftaran ulang di Inderalaya dengan didahulukan pembayaran biaya.  Kemudian tes kesehatan, memasukkan berkas, berfoto untuk KTM (Kartu Tanda Mahasiswa) dan Almamater serta buku pedoman pun dibagikan.

Perjalanan menuju Inderalaya ini pada awalnya dengan kawan, karena kawanku ini ternyata juga menunggu kawannya, akhirnya aku menerima tawaran dari Mahasiswa di Extension yang menemani adiknya yang juga lulus untuk pergi bersama menaiki mobilnya.  Alhasil aku pergi bersama mereka ke Indralaya.  Mereka adalah Citra dan Lidya, dua bersaudara yang akur.  Terima kasih Citra dan Lidya.

OPDIK pun dimulai sejak tanggal 2 Agustus 2010.  OPDIK hanya untuk Mahasiswa asal SMA, aku dan kawan-kawan yang berasal dari DIII, kagak OPDIK.  Inilah hasil foto-foto yang berhasil ku abadikan:

Itulah sedikit berbagi denganmu kawan tentang mimpi kedua ku, lanjut kuliah dan perjalanan menujunya.  Bagaimana denganmu boi??  Ceritakan tentang mimpi-mimpimu yang ingin ku dengar kawan.

Wassalam

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s