Tokoh Inspirasi

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Tak habis-habisnya bila membicarakan tokoh inspirasi, kurasa satu ide seperti kalian. Tokoh inspirasiku banyak kawan yaitu salah satunya tokoh inspirasi yang menginspirasiku menulis diantaranya Mas Faiz (Blogger), Raditya Dika “Si Kambing Jantan” (penulis cerita Kambing Jantan), Sumarni Bayu Anita atau Mba’ Nita (Blogger), Habibburahman El shirazy (penulis Ayat-Ayat Cinta), Andrea Hirata (penulis Tetralogi Laskar Pelangi), Riri Riza (Sutradara Film), Matt Mullenweg (Pencipta WordPress), Mark Zuckerberg (Pencipta Facebook), dan Hilarry Duff (Actress).

masfaizraditya dika Si KambingNiTA SwEEthabib1andrea_hiratariri rizamattmarkhilary-duff

Foto mereka

Membaca artikel tentang blog di suatu majalah (lupa nama majalahnya), aku menemukan sosok adik yang masih kecil bernama Faiz atau yang biasa dikenal dengan Mas Faiz yang telah memiliki blog. Di situlah awal mulanya aku kenal dengan blog dan tertarik untuk memilikinya. Blog adalah suatu wadah tempat Anda berbagi cerita atau menulis hal apapun. Ada banyak macam blog yang tersedia gratis di Internet yaitu dengan mengunjungi situs www.blogger.com, www.blogspot.com, www.multiply.com, www.blogsome.com, www.wordpress.com, www.blogbugs.com, www.blogfam.com, www.blogdrive.com (sumber dari majalah tersebut, sekali lagi aku lupa nama majalahnya).

Selanjutnya Raditya Dika “Si Kambing Jantan”. Aku mengenalnya lewat buku cerita berirama komedi yang berjudul Kambing Jantan. Aku melihat latar belakang dari buku tersebut, ternyata buku itu adalah kumpulan cerita dari blog-blognya yang pertama kali dibukukan. Seru juga ternyata. Ini adalah alamat situsnya www.kambingjantan.com. Sedangkan Sumarni Bayu Anita atau Mba’ Nita yang juga seorang Blogger (orang yang memiliki blog), adalah seorang wanita yang sangat gemar mengabadikan ceritanya di blog. Secara tak sengaja aku mampir ke blog beliau saat mencari artikel tentang Humas yang kebetulan beliau mempunyai latar belakang pendidikan tentang Komunikasi dimana Humas terkait didalamnya. Di blog beliau banyak artikel tentang Humas (bagi kalian yang sedang mencari artikel atau segala hal tentang Humas boleh mengunjungi situsnya di www.nitastory.blogspot.com). Karena aku sering mengutip untuk keperluan kuliah dan mengomentari artikel tentang Humasnya juga artikel-artikelnya yang lain kita pun berkenalan dan telah menjadi teman di blog dan di facebook. Minatku untuk menulis di blog semakin kuat.

Lain halnya dengan Habibburahman El shirazy (penulis Ayat-Ayat Cinta) dan Andrea Hirata (penulis Tetralogi Laskar Pelangi) yang merupakan tokoh inspirasi terkuat dalam menulis. Demikian pula pada Riri Riza seorang Sutradara Film yang sempat-sempatnya menuliskan kisah dan pengalamannya di blog juga di www.riririza.blogspot.com.

Tokoh inspirasi selanjutnya adalah Matt Mullenweg atau nama lengkapnya Matthew Charles Mullenweg (Pencipta WordPress). Aku mengenalnya lewat artikel di surat kabar, kompas. Ia seorang pemuda yang ramah dan berbakat di bidang teknologi. Ia pun menyempatkan dirinya untuk berbagi cerita di blog, kunjungi di http://ma.tt, dan gabung saja di group Matt Mullenweg di Facebook dimana aku salah satu dari anggota group tersebut, hehehe. Sama halnya dengan Mark Zuckerberg (Pencipta Facebook) yang juga menginspirasiku. Bagaimana dengan Hilarry Duff (Actress)? Dia pun bagian dari tokoh inspirasiku. Pada waktu itu aku menonton aktingnya di film Perfect Man yang ditayangkan di TV oleh Trans TV pada tanggal 18 September 2009, dua hari menjelang lebaran 2009 kemarin. Di film itu, ia dikisahkan sebagai seorang gadis yang suka berpindah-pindah dikarenakan Ibunya yang selalu ingin mencari suasana baru dalam mencari seorang pendamping baru (lalu apa hubungannya ki? Tenang biarkan aku bercerita sampai habis terlebih dahulu). Karena sering berpindah-pindah, ia curhat dan membagi ceritanya kepada blogger-blogger yang lain di blognya (sudah nyambung kan?). Karena itu lah aku semakin berminat untuk menulis dan menjadikan mereka sebagai tokoh inspirasi dalam menulis.

Selain tokoh inspirasi dalam menulis, tokoh inspirasiku yang lain adalah tokoh inspirasi dalam bidang photography. Tokoh inspirasi yang satu ini adalah kawanku sendiri yang bernama Irvan Aguspradita atau yang sering kusebut “shiro” hehehe. Mengapa ia menjadi tokoh inspirasiku dalam bidang potret-memotret ini? Karena hobinya yang suka mengabadikan berbagai pemandangan, aktivitas orang dan lain sebagainya. Kalian bisa menjadi temannya di Facebook dengan menambahkanya sebagai teman, hanya mengetik Irvan Aguspradita (kalau mau). Kalian pun bisa melihat hasil jepretannya di Facebooknya.  Orangnya ramah kok.

irvan

Foto shiro

Tokoh inspirasi selanjutnya adalah tokoh insipirasi yang menginspirasiku ingin sekali menjadi seorang reporter. Tak lain tak bukan adalah Yulika Satria Daya, seorang reporter TV One. Kegemaranku melihatnya di acara Backpacker, semakin membuatku ingin sekali menjadi seorang reporter (apa bisa ya?). Kehalusan beliau dalam bicaranya serta tertutur dengan rapi, sangat pas sekali sebagai seorang reporter. Kalian bisa menjadi temannya melalui facebook, hanya dengan mengetik Yulika Satria Daya.

yulika

Foto Yulika

Tokoh inspirasi berikutnya adalah tokoh inspirasi dalam hal menuntut ilmu setinggi-tingginya dan keinginan kuat mencapai cita-cita. Bisakah kalian menebaknya? Tokoh yang dimaksud adalah sosok Andrea Hirata (penulis Tetralogi Laskar Pelangi). Dikisahkan dalam novelnya ia adalah sosok yang bertekad menuntut ilmu setinggi-tingginya dan mempunyai keinginan kuat mencapai cita-cita. Sama seperti kenyataannya, ia melanjutkan S2 nya di Sorbonne, Paris. Walaupun Ia adalah seorang anak miskin dari Belitong, ia tidak mau kalah dengan nasib, sungguh mengharukan membaca novelnya. Kalian bisa melihat situs beliau di www.sastrabelitong.multiply.com

andrea_hirata

Foto Andrea

Tokoh inspirasi terakhir yaitu tokoh inspirasi (panutan dan teladan) dari semua inspirasi semua orang di dunia adalah Nabi Muhammad SAW. Semoga aku selalu bertakwa dan beriman kepada Allah SWT, insha’ allah aamiin.

kaligrafi Muhammad SAW

Kaligrafi Nabi Muhammad SAW

Demikianlah sedikit berbagi mengenai Tokoh Inspirasi. Masih banyak tokoh-tokoh inspirasiku yang lain yang tak bisa kusebutkan satu persatu disini. Semoga bacaan ini bermanfaat dan dapat menginspirasi kawan semua, amin. Sampai jumpa.

Wassalam (6 October 2009, Tuesday)

Iklan

2 responses

  1. Hi.. saya Dany Rham … salam kenal yh.
    saya ga senggaja lihat blog kamu, rencana sh mau nyari situsnya Ka’ Yulika Sastria Daya.. karna dia juga salah satu inspirasi sya.. eh..syukur Alhamdulillah.. bisa ketemu blog kamu, and yg bkin senang’y juga, ternyata salah satu inspirasi kamu jg Ka’Yulika. tulisan kamu bagus bgt.. beneran bikin saya semangat dan tambah berinspirasi untuk siap menulis . hehehehe saya mengharapkan balasan dari kamu, dan berharap agar kita bisa jadi teman.. heheheh .
    Makasih yh…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s