Kilas Balik Semester 6

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Kilas balik itu sama dengan flash back, turn back, come back, return, yang lampau, past tense, dan sebagainya. Mengangkat judul kilas balik bermula dari lamunan mengenai semua kejadian, peristiwa dan sebuah proses selama 6 bulan lamanya pada waktu semester 6 silam.

Bulan pertama atau bulan yang mengawali masuknya semester 6 kemarin, kawan mu ini alias aku alias kiki (terserah) mengisinya dengan magang di salah satu perusahaan yang berada di Bandara SMB II Palembang. Aku kasih sedikit bocoran ya, perusahaan itu bergerak di bidang ground handling atau kegiatan pendukung jasa penerbangan yang kegiatannya sehari-hari melakukan pelayanan kepada penumpang, bagasi, kargo dan pelayanan kepada pesawatnya itu sendiri. Tahu nama perusahaannya?? Kalau ada yang menebaknya PT Angkasa Pura II, maaf tebakannya meleset n_n tapi PT Angkasa Pura II adalah salah satu dari ketiga pemegang sahamnya.

Magang atau PKL (Praktek Kerja Lapangan) disana dilakukan selama 1 bulan setelah melakukan suatu rapat yang serius, yang membutuhkan suatu pemikiran, tenaga dan waktu yang cukup banyak tersita sampai-sampai mengeluarkan keringat dan penuh perdebatan (hehehe lebai kau ki!).
Bersama ketiga kawanku lainnya yaitu Dina, Ayu dan dan Uci kami habiskan waktu bersama untuk konsentrasi penuh dalam melakukan kerja praktek disana. Tak disangka kami menemukan seorang kawan, namanya Lita (dia salah satu seorang pekerja disana). Tak kusangka juga kalau aku melihat kawan lamaku (tapi kayaknya tempat magang kami berbeda).

Setelah satu bulan lamanya, kontrak magang kami pun habis, tapi kami masih harus mondar-mandir kesana untuk melengkapi laporan magang. Sedikit mengganggu pekerjaan mereka disana sih, tapi apa boleh buat, demi laporan (mohon maaf untuk perusahaan  ).

Seperti manusia pada umumnya, manusia tidak luput dari kesalahan dan khilaf. Aku dan ketiga kawan ku sering selisih paham dalam pembuatan laporan ini, tapi alhamudilillah sudah kembali seperti semula. Seminar magang yang diadakan tanggal 6 Mei 2009 lalu, alhamdulillah (dapat dikatakan lumayanlah).

Setelah magang selesai, kelas Bahasa Inggris pun dimulai dengan durasi 6 minggu atau 72 jam. Kelas ini tidak full seperti pada semester yang sudah-sudah, melainkan 3 kali dalam seminggu. 3 kali dalam seminggu dirasa cukup bagi pihak-pihak yang menetapkannya, agar mahasiswa juga dapat konsentrasi dalam menyusun Laporan Akhir dan bimbingan Laporan Akhir dengan pembimbing-pembimbingnya.

Materi pembelajaran bahasa Inggris pada semester 6 meliputi vacancy, advertisement, application letter and CV, interview, simulation, presentation, marketing yang dilakukan secara individu dan group. Tes TOEFL pun diajarkan, sayang nilaiku tidak terlalu bagus.

Cerita mengenai bimbingan Laporan Akhir, ternyata perlu perjuangan juga, salah satunya seperti menunggu pembimbing selesai mengajar hingga sore (seingatku, dulu pernah bimbingan hingga pulang sore layaknya kuliah sore dan sampai dirumah jam 7 malam) tapi seperti katanya Yulika Satria Daya “asikin aja”. Bersama kawan-kawan sebimbingan, waktu tidak terasa bosan karena kami bisa saling tukar pengalaman tentang bimbingan.
Proses penyusunan Laporan Akhir kemarin mengharuskan aku harus cepat mengejar waktu melihat kawan-kawan yang selangkah lebih maju dariku. Bahkan waktu masih menyusun proposal Laporan Akhir, kupaksakan untuk tidak tidur semalaman agar esok harinya bisa diajukan lagi. ACC proposalku memang cukup lama sampai lima kali perbaikan tapi alhamdulillah pada akhirnya di ACC juga pada hari rabu, 13 Mei 2009.

Disana sini kudengar keluhan dan kesenangan dari kawan-kawanku mengenai Laporan Akhir mereka. Yang mengeluh bercerita tentang susahnya bimbingan dengan Dosen ini, Dosen itu, juga Laporan Akhirnya yang masih Bab ini dan itu, banyak macam, bahkan ada yang printernya macet (kalo aku komputerku yang mati, panik setengah mati, tapi untung ada cadangan ). Lain halnya dengan mereka yang sedang senang, mereka bercerita tentang Bab ini dan itu yang telah di ACC, mendapatkan laptop baru untuk alasan penyusunan Laporan Akhir dan sebagainya.

Ketika waktu tinggal satu bulan lagi untuk menyelesaikan dan mengumpulkan Laporan Akhir, banyak diantara kami ngebut hingga tidak bisa ngerem (hehe lebai). Ada yang setelah bimbingan langsung diperbaiki hingga siangnya bisa bimbingan lagi, ada yang duduk-duduk ala lesehan didepan ruang dosen wanita menunggu giliran bimbingan termasuk juga aku, sehingga penuh banget waktu itu hehehe sampe-sampe kena marah salah satu dosen untuk tidak memenuhi didepan ruang tersebut.

Di perpustakaan baik perpustakaan jurusan dan pusat ramainya bukan main, penuh dengan Mahasiswa/i semester 6. Ada yang sedang membaca buku, laporan-laporan, ada yang sedang asik memainkan laptopnya hanya untuk mengubah statusnya di Facebook bahkan ada juga yang main game. Begitu juga dengan buku-bukunya. Pada saat diperlukan, banyak buku-buku tertentu hilang dengan sekejap karena kalah cepat dalam meminjam, sehingga tempat potokopi dikantin penuh hanya untuk memotokopi buku dari kawan-kawan mereka yang telah berhasil meminjam lebih dulu. Bicara tentang kantin, jangan ditanya penuh juga bagi mereka yang menyatakan diri merasa lapar dan haus.

Waktu berlari dengan cepat dan akhirnya Laporan Akhir ku di ACC juga pada tanggal 14 Juli 2009. Memasuki tanggal 21 dan 22 Juli 2009 (yaitu selasa dan rabu, karena senin adalah hari libur) yang merupakan tanggal untuk ujian komprehensif, jantung semakin terpacu dengan cepat. Tanggal 21 dan 22 tersebut ditujukan untuk Mahasiswa/i reguler dan 23 hingga 24 Juli 2009 diperuntukkan bagi Mahasiswa/i non reguler. Ujian komprehensif adalah ujian keseluruhan artinya tidak hanya Laporan Akhir saja yang diuji tetapi juga pengetahuan tentang pelajaran yang sudah-sudah yang pastinya sudah dipelajari pada semester-semester sebelumnya.
Oh ya kawan ada satu cerita menarik menjelang ujian tersebut. Satu hari sebelum hari H, yaitu sabtu dimana hari tersebut juga merupakan hari pengumpulan terakhir Laporan Akhir aku dan kawan-kawan lainnya menunggu pengumuman ujian komprehensif antara lain dapat penguji siapa, dapat ruang berapa dan bersama siapa saja diri kita dalam ruang tersebut. Hari semakin sore tapi pengumuman tersebut belum juga keluar, bahkan matahari pun telah kembali keperaduannya, tapi kupaksakan untuk menunggu karena sudah terlanjur begitu juga dengan kawan-kawan lainnya. Dalam hati aku cemas karena memikirkan bagaimana pulangnya, tapi ada kawan yang baik hati bernama Meta menawarkanku untuk pulang bersama namun pada akhirnya aku tidak pulang bersama beliau karena akan dijemput kakak. Beberapa saat kemudian Adzan magrib pun berkumandang, dan akhirnya pengumuman keluar. Secarik kertas dilengketkan ke muka pintu setiap ruang. Kulirik namaku di kertas tersebut, tidak ada, tidak ada, sial dimana-mana tidak ada, kok namaku tidak ada (sabar boi). Melirik kawan-kawan yang berlarian ke lantai dua (sangking semangatnya), aku baru ingat kalau lantai dua juga dipakai. Ada sederet tiga kata yang kulihat dari secarik kertas yang sengaja tertempel di pintu ruang 10 yaitu Rizky Yuliani Syafitri. Ternyata aku dapat ruang 10 dengan dosen pengujinya sebanyak tiga orang dimana salah satu diantaranya adalah pembimbingku. Bersama kedua kawan sebimbingan, kami pun seruang. Setelah mengetahui hal tersebut aku pun bergegas mencari nama-nama kawanku yang minta tolong dilihatin karena mereka berhalangan hadir pada waktu itu. Alhamdulillah akhirnya pulang juga, capek.

Ujian komprehensif pun datang. Alhamdulillah untuk kesekian kalinya, aku baru diuji tanggal 22 Juli 2009 setelah berundi dengan kawan-kawan seruang pada tanggal 21 Juli 2009. Saat ujian akan berlangsung, deg deg deg, itulah yang kurasakan dan ketika ujian berlangsung, hehehehehe alhamdulillah bisa juga ternyata dilalui.

Selang beberapa hari kemudian, kabar baik pun datang dari yudisium yang mengumumkan kalau aku LULUS begitu juga dengan yang lainnya, alhamdulillah. Aku juga sedih melihat pengumuman tersebut karena ada yang diantara kami ditunda, semoga mereka dapat menyelesaikannya, amin. Sekarang tinggal menunggu Wisuda 3 Oktober 2009 nanti.

Itulah sedikit dari kilas balik semester 6 kemarin. Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membacanya. Akhir kata semoga ada manfaatnya. Sampai jumpa lagi kawan.

Wassalam (Tuesday, 15 September 2009)

laughing

laughing

Doa-doa yang perlu Anda amalkan

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Kawan apa kabar? Pastinya pada baik-baik saja kan? Pasti kan? Pasti dong n_n Pada kesempatan yang baik ini kiki bakal nyajiin berupa doa-doa yang perlu diamalkan khususnya bagi remaja muslim seperti pelajar, mahasiswa atau siapa saja yang ingin memiliki fikiran cerdas dari bukunya Tuwuh Trisnayadi tahun 2007 yang berjudul Menggapai Cita-cita Bimbingan Belajar untuk Remaja Muslim.  Mulanya, buku ini kutemukan dari deretan buku-buku yang tersusun rapi di perpustakaan pusat POLSRI pada tanggal 20 Mei 2009 (bulan Mei, ya bulan Mei mengingatkanku pada masih berjalannya proses panjang menyusun Laporan Akhir, alhamdulillah sekarang ude kelar he he).  Melihat sedikit isinya, ternyata menarik perhatian ku kawan dan kutemukan pula pada bacaan mengenai doa-doa yang perlu diamalkan yang akan dibahas lebih lanjut.

Doa-doa yang dimaksud antara lain (bila melirik langsung dari bukunya, dapat ditemukan pada halaman 159)

1. Doa agar terhindar dari rasa malas

    “Ya Allah, aku berlindung pada-Mu dari kesusahan dan kedudukan, dari lemah kemauan dan rasa malas, dari sifat pengecut dan bakhil, dari banyak hutang dan kezaliman manusia.”

    2. Doa mohon diberi kecerdasan berfikir

      “Ya Allah, ilhamkanlah kepadaku kecerdasan dan lindungilah aku dari nafsuku.”

      3. Doa mohon diberi kemudahan dalam bekerja dan berfikir

        “Ya Allah, tidak ada yang mudah kecuali sesuatu yang Engkau jadikan mudah.  Engkaulah yang menjadikan yang susah itu mudah.”

        4. Doa mohon ditambah ilmu dan kepahaman

          “Ya Allah, tambahkanlah keapdaku ilmu dan berilah aku paham dan pengertian yang baik.”

          5. Doa mohon untuk cepat tanggap dalam memahami suatu ilmu

            “Ya Allah, ilhamilah saya dengan ilmu yang dapat menjadi alat untuk mengetahui semua suruhan-Mu, dan semua larangan-Mu.  Berikanlah kepadaku Ya Allah, kepahaman yang mendalam dari para Nabi, dan kefasihan hafalan para Rasul, dan kecepatan ilmu para malaikat muqarrobin.  Dan karuniakanlah kepadaku, Ya Allah, cahaya ilmu dan cepat tanggap dalam kepahaman.  Dan keluarkanlah aku dari kegelapan keraguan.  Dan bukalah untukku semua pintu rahmat-Mu, dan ajarkanlah kepadaku rahasia hikmah-Mu, Ya Tuhan semesta Alam.”

            6. Doa dimudahkan segala urusan

              “Ya Allah, lapangkanlah dadaku, dan mudahkanlah segala pekerjaanku (urusanku) dan lancarkanlah lidahku agar mereka paham pembicaraanku.”

              7. Doa memasuki tujuan

                “Ya Allah, persiapkanlah kami mengenai dengan urusan kami dengan petunjuk-Mu.”

                8. Doa bila terlupa

                  “Maha suci allah yang tidak pernah tidur, dan tidak pernah lalai (lupa).  Ya Allah, ingatkanlah aku apa yang aku lalai (lupa).”

                  9. Doa mohon dikasihi oleh sesama manusia

                    “Ya Allah, karuniakanlah kepadaku kemuliaan dan jadikanlah aku orang yang beriman, orang yang baik, dikasihi di sisi-Mu, dan di sisi semua manusia.”

                    10. Doa bila akan pergi dari rumah

                    “Dengan asma Allah, aku berserah diri kepada Allah.  Tidak ada daya dan kekuatan melainkan dengan kekuatan Allah.”

                    Demikianlah, kiranya semoga bermanfaat (sewaktu masih jadi Mahasiswa di POLSRI, tepatnya sejak kutemukan buku ini, aku berusaha untuk membacanya setiap waktu, dan ternyata memang ada manfaatnya).

                    Sumber:

                    Trisnayadi, Tuwuh. 2007. Menggapai Cita-cita Bimbingan Karier untuk Reamja Muslim. Yogyakarta: Pustakan Insan Madani.

                    Wassalam (Thursday, 3 September 2009)

                    99 Asmaul Husna

                    Assalamu’alaikum Wr. Wb.

                    Hi kawan, apa kabar? long time not see, kali ini kiki akan mencoba me retype 99 Asmaul Husna yang kiki dapatkan sebagai buah tangan dari kondangan (kawinan) sekitar tahun 2007 berupa sebuah notes yang berisikan tentang Asmaul Husna beserta penjelasannya. Semoga bermanfaat.

                    Bismillaahir rahmaanir rahiim

                    ASMAUL HUSNA
                    Al Asmaa’ul Husnaa
                    Bahwasannya Allah SWT mempunyai 99 nama. Barang siapa menghapalkannya, niscaya akan dimasukkan ke dalam syurga (Hadist Rasul Riwayat Imam Bukhori).
                    Allah SWT mempunyai Asmaa’ul Husna (nama-nama yang indah), maka memohonlah kepadaNya dengan menyebut Asmaau’ul Husna (Surat Al-A-raaf, ayat 180).
                    Sesungguhnya dibalik setiap nama dalam Asmaa’ul Husna terdapat misteri yang sangat dalam dan luas yang berada di luar jangkauan akal manusia. Allah SWT akan mengabulkan keinginan seorang hamba yang berdo’a sambil menyebut namaNya sesuai dengan misteri yang terkandung di dalam nama tersebut.

                    1. Allahu (Yaa Allah)
                    Allah lafzhul jalalah, nama yang Maha Agung dan Mulia, pemilik semua pujian.
                    500 x setiap malam, setelah mengerjakan sholat tahajud/Hajat, Insya Allah hajat dalam waktu dekat akan tercapai.

                    2. Ar Rohmaanu (Yaa Rohmaanu)
                    Maha Pemurah/Pengasih
                    300 x pada setiap selesai shalat fardhu, Insya Allah hatinya akan diberi ketenangan, dijauhkan dari sifat lupa dan kegugupan.

                    3. Ar Rohiimu (Yaa Rohiimu)
                    Maha Penyayang
                    100 x setiap hari, Insya Allah akan diberi daya tarik yang kuat, sehingga banyak orang menaruh rasa cinta dan kasih sayang kepadanya.

                    4. Al Maliku (Yaa Maliku)
                    Maha Menguasai
                    133 x sesudah shalat Shubuh dan Maghrib, Insya Allah akan dimudahkan segala usahanya.

                    5. Al Qudduusu (Yaa Qudduusu)
                    Maha Suci
                    100 x setiap hari setelah tergelincir matahari, Insya Allah dijauhkan dari segala penyakit (lahir dan bathin).

                    6. As Salaamu (Yaa Salaamu)
                    Maha Menyelamatkan
                    141 x setiap hari, Insya Allah jasmani dan rohani terjaga dari berbagai macam bencana dan musibah.

                    7. Al Mu’min (Yaa Mu’minu)
                    Maha Pemelihara Keamanan
                    133 x setiap selesai shalat fardhu, Insya Allah seluruh keluarga dan harta kekayaan akan dipelihara dari segala macam bencana dan pencurian.

                    8. Al Muhaiminu (Yaa Muhaimin)
                    Maha Tahu
                    145 x pada setiap selesai shalat Isya, Insya allah hatinya akan menjadi terang dari segala macam keruwetan.

                    9. Al ‘Aziizu ( Yaa Aziiz)
                    Maha Perkasa
                    70 x setiap selesai shalat Shubuh & Maghrib, Insya Allah segala macam kesulitan akan mendapat pertolongan, menjadi orang yang mulia & disegani oleh semua orang.

                    10. Al Jabbaaru (Yaa Jabbaar)
                    Maha Perkasa
                    700 x setiap hari, Insya Allah bila berhadapan dengan musuh/lawan, mereka akan betekuk lutut dihadapannya.

                    11. Al Mutakabbiru
                    Maha memiliki Keagungan dan Kesombongan.
                    300 x secara rutin, Insya Allah akan berwibawa dihadapan musuh, musuh menjdai patuh kepadanya.

                    12. Al Khooliqu (Yaa Khaaliq)
                    Maha Pencipta
                    Dibaca sebanyak-banyaknya, Insya Allah akan diberi kecerdasan berfikir, mudah dalam menerima pelajaran, serta terampil dalam segala hal.

                    13. Al Baariu (Yaa Baari)
                    Maha Menjadikan segala sesuatu
                    133 x selama 7 hari berturut-turut, Insya Allah bila mendapat kesulitan dalam hidup, segera bisa teratasi

                    14. Al Mushowwiru (Yaa Mushawwir)
                    Maha Pembentuk
                    21 x selama 7 hari berturut-turut, disertai puasa 7 hari berturut-turut bila ada istri/suami ingin punya anak, Insya Allah akan dikaruniai anak yang sholeh.

                    15. Al Ghoffaaru (Yaa Ghaffar)
                    Maha Pengampun
                    Dibaca sebanyak-banyaknya selesai shalat fardhu, maka Allah akan memberi ampun padanya, dari dosa-dosanya.

                    16. Al Qohhaaru (Yaa Qahhaar)
                    Maha Pemaksa
                    Dibaca sebanyak-banyaknya selesai shalat fardhu, Insya Allah hatinya dijaga dari sifat kerakusan terhadap keindahan dunia yang sifatnya sementara.

                    17. Al Wahhaabu (Yaa Wahhaab)
                    Maha Pemberi
                    300 x setelah shalat 5 waktu, maka Allah akan melapangkan hidupnya, dimudahkan rizkinya, sehingga tidak mengalamai kemiskinan.

                    18. Ar rozzaqu (Yaa Razzaaq)
                    Maha Pemberi Rezeki
                    Dibaca sebanyak-banyaknya, Insya Allah akan dimudahkan jalan rizkinya, sehingga apapun usahnya tidak akan mendapat kesulitan.

                    19. Al Fattahu (Yaa Fattaah)
                    Maha Membukakan
                    99 x setelah shalat fardu seraya meletakkan kedua telapak tangan di atas dada, Insya Allah hatinya bisa menjadi bercahaya.

                    20. Al Aliimu (Yaa Aliim)
                    Maha Mengetahui
                    Dibaca secara rutin selesai shalat fardhu 100 x, Insya Allah akan diberi ilmu ma’rifat dan kema’rifatan yang sempurna.

                    21. Al Qoobidhu (Yaa Qaabidh)
                    Maha Yang Menahan Rizki
                    100 x setiap hari secara rutin, Insya Allah akan diberi jalan keluar dari kesulitan dan diberi keselamatan dalam setiap menghadapi ancaman.

                    22. Al Baasithu (Yaa Baasith)
                    Maha Melapangkan Rizki
                    Dibaca sebanyak-banyaknya secara rutin selesai shalat fardhu, maka setiap usahanya akan mendapat keberhasilan dan mendapat keberuntungan yang berlipat.

                    23. Al Khoofidhu (Yaa Khaafidh)
                    Maha Merendahkan Derajat
                    300 x tiap hari secara rutin, Insya Allah akan terkabul segala macam usaha dan maksud tujuannya.

                    24. Ar Roofi’u (yaa Raafi’)
                    Maha Meninggikan Derajat
                    70 x tiap hari setelah shalat fardhu, Insya Allah harta bendanya akan dijaga dari kerusakan atau pencurian. Dan ditinggikan derajatnya di sisi Allah dan masyarakat.

                    25. Al Mu’Izzu (Yaa Mu’iiz)
                    Maha Yang Memuliakan
                    133 x habis shalat fardhu, Insya Allah memiliki kewibawaan dalam kalangan bawahannya, sehingga semua perintah dan petunjuknya akan selalu dipatuhi.

                    26. Al Mudzillu (Yaa Mu’zill)
                    Maha Yang Menghinakan
                    Dibaca sebanyak-banyaknya setiap hari, apabila kita akan menagih hutang uang/barang agar orang ditagih mengembalikan uang atau barang milik kita.

                    27. As Samii’u (Samii’)
                    Maha Mendengar
                    500 x habis shalat lima waktu, terutama dibaca setelah shalat Dhuha, Insya Allah doanya akan menjadi mustajab dan diberi jalan yang lapang dalam mencari rizki.

                    28. Al Bashiiru (Yaa Bashiir)
                    Maha Melihat
                    300 x setelah shalat Jum’at secara rutin. Insya Allah hatinya menjadi tenang, otaknya menjadi cerdas dan diberi ilmu laduni.

                    29. Al Hakamu (Yaa Hakam)
                    Maha Menetapkan Hukum
                    Dibaca sebanyak-banyaknya menurut kemampuan, setelah shalat Hajat/Tahajud, Insya Allah akan diberi kecerdasan di dalam mempelajari segala ilmu, terutama ilmu agama.

                    30. Al ‘Adlu (Yaa Adl)
                    Maha Adil
                    133 x setiap selesai shalat fardhu, Insya Allah apa yang diniatkan, akan terlaksana dan tidak berat sebelah dalam menghakimi suatu perkara.

                    31. Al Lathiifu (Yaa Lathief)
                    Maha Lemah Lembut
                    129 x setiap selesai shalat fardhu, Insya Allah akan diberi kelancaran rizkinya, usahanya dan segala hajat kebutuhannya, dijauhkan dari kesulitan hidup.

                    32. Al Khobiiru (Yaa Khabiir)
                    Maha Waspada
                    100 x setiap hari, Insya Allah hidupnya dilimpahi kemaslahatan. Disamping itu, akan bisa bertemu dengan teman atau saudara yang sudah lama berpisah.

                    33. Al Haliimu (Yaa Halim)
                    Maha Penyantun
                    99 x setiap selesai shalat fardhu, maka Allah kan melanggengkan kedudukan atau jabatannya, sehingga tidak mudah untuk digeser oleh siapapun.

                    34. Al Adliimu (Yaa Azhiim)
                    Maha Agung
                    130 x selama 7 hari berturut-turut, dibaca setelah shalat fardhu atau lebih utama setelah shalat Hajat/Tahajud, di tengah malam, Insya Allah penyakitnya akan segera sembuh.

                    35. Al Ghofuuru (Yaa Ghafuur)
                    Maha Pengampun
                    Bacalah sebanyk-banyaknya pada tiap selesai shalat fardhu bagi orang yang bertobat, Insya Allah dosa-dosanya akan diampuni oleh-Nya

                    36. Asy Syakuuru (Yaa Syakuur)
                    Maha Berterima Kasih
                    50 x setealh shalat Hajat setap malam selama 7 hari, Insya Allah segala maksud yang dicita-citakan akan lekas terkabul.

                    37. Al ‘Aliyyu (Yaa Aliyy)
                    Maha Tinggi
                    Baca sebanyak-banyaknya setiap hari, terutama setelah shalat fardhu. Insya Allah akan ditambah kecerdasan dan keyakinannya.

                    38. Al Kabiiru (Yaa Kabiir)
                    Maha Besar
                    Dalam keadaan berpuasa 7 hari, bacalah asma ini 1000 x tiap hari, Insya Allah akan mendapat kedudukan yang tergeser lantaran fitnah, mendapat penghormatan orang lain, dan kedudukan yang lebih tinggi.

                    39. Al Hafiidlu (Yaa Hafiidh)
                    Maha Memelihara
                    999 x membaca atau menulis asma ini pada kertas, dilipat dan dibawa kemana saja pergi, Insya Allah akan dijauhkan dari segala marabahaya.

                    40. Al Muqiitu (Yaa Muqiit)
                    Maha memberi Makan
                    Bacalah sebanyak-banyaknya, Insya Allah badan anda akan tetap kuat, bertenaga, tahan lapar dan haus saat mengalami kelaparan.

                    41. Al Hasiibu (Yaa Hasiib)
                    Maha Penghitung
                    777 x pada saat genting setiap selesai shalat Shubuh dan Maghrib, Insya Allah tidak ada seorang pun yang dapat mengganggu atau menggeser kedudukan anda.

                    42. Al Jaliilu (Yaa Jaliil)
                    Maha Sempurna
                    77 x pada setiap selesai shalat Tahajjud, bila ia seorang pedagang, Insya Allah akan cepat maju, bila seorang pegawai, Insya Allah akan lekas naik pangkat.

                    43. Al Kariimu (Yaa Kariim)
                    Maha Pemurah
                    300 x ketiak hendak berangkat tidur secara rutin, Insya Allah dalam waktu dekat ia akan diangkat derajatnya, disegani dan dihormati semua orang.

                    44. Ar Roqiibu (Yaa Raqiib)
                    Maha Mengawasi
                    Dzikir ini dengan keikhlasan, Insya Allah akan dijaga dari marabahaya yang akan menimpa keluarga dan diri pribadi.

                    45. Al Mujibu (Yaa Mujiib)
                    Maha Mengabulkan Do’a
                    333 x setiap kali selesai shalat Shubuh. Insya Allah do’a-do’anya akan lekas dikabulkan olehNya.

                    46. Al Waasi’u (Yaa Waasi’)
                    Maha Luas
                    130 x pada setiap pagi dan sore (setelah shalat Shubuh dan maghrib), Insya Allah segala kesulitan yang dihadapi akan mudah teratasi.

                    47. Al Hakiimu (Yaa Hakiim)
                    Maha Bijaksana
                    300 x setelah shalat Shubuh dan Maghrib, Insya Allah akan dikaruniai hidup berhasil dan diberikan jalan untuk melepaskan diri dari kesukaran.

                    48. Al Waduudlu (Yaa Waduud)
                    Maha Pengasih/Pendipta
                    1000 x setiap hari, Insya Allah akan berkembang rasa kasih sayang kepada sesama dan dikasihi orang lain.

                    49. Al Majiidu (Yaa Majiid)
                    Maha Mulia
                    99 x setelah selesai shalat fardhu, Insya Allah akan memberikan kehormatan, kemuliaan, kesehatan dan kesejahteraan.

                    50. Al Baa’itsu (Yaa Baa’its)
                    Maha Membangkitkan
                    100 x secara rutin tiap hari sambil meletakkan tangan di dada, Insya Allah akan diberi kelapangan dada dengan berbagai macam ilmu dan hikmah.

                    51. Asy Syahiidu (Yaa Syahiid)
                    Maha Menyaksikan
                    333 x setiap malam selama sebulan, Insya Allah akan melembutkan hati anggota keluarga yang membangkang (bandel).

                    52. Al Haqqu (Yaa Haqqu)
                    Maha Haq/Maha Benar
                    Bacalah asma ini sebanyak yang disukai, Insya Allah akan diberi keteguhan hati dalam menjalankan syari’at Islam dan disegani oleh setiap orang.

                    53. Al Wakiilu (Yaa Wakiil)
                    Maha Mewakili
                    Perbanyak membaca asma ini ketika terjadi bencana hujan lebat, angin topan, gempa bumi, dll. Insya Allah bencana akan segera reda dan dibukakan pintu rezeki.

                    54. Al Qowiyyu (Yaa Qawwiyyu)
                    Maha Kuat
                    21 x setiap selesai shalat fardhu, Insya Allah akan memiliki daya tahan tubuh yang kuat, dan tidak pernah memiliki sifat pemalas.

                    55. Al Mattinu (Yaa Matiin)
                    Maha Teguh/Maha Kokoh
                    30 x setiap hari secara rutin, Insya Allah akan diberi kekuatan yang luar biasa dan penuh kewibawaan yang besar.

                    56. Al Waliyyu (Yaa Waliyyu)
                    Maha Menolong/Melindungi
                    20 x setiap selesai shalat fardhu, Insya Allah akan selalu dalam lindungan Illahi.

                    57. Al Hamiidu (Yaa Hamiid)
                    Maha Terpuji
                    99 x secara rutin, ditiupkan ke tangan dan diusapkan pada wajah, Insya Allah mukanya akan selalu kelihatan berseri-seri, sehingga orang akan senang memandang serta menaruh hormat.

                    58. Al Muhshie (Yaa Muhshii)
                    Maha Menghitung
                    Perbanyak membaca asma ini setelah shalat fardhu, Insya Allah ia akan menjadi orang yang selalu muroqobah kepada Allah SWT.

                    59. Al Mubdiu (Yaa Mubdi)
                    Maha Memulai Sesuatu
                    470 x terutama setelah shalat hajat pada malam hari, Insya Allah akan membuat hati dan pikiran jernih, cerdas dan kreatif serta ilmu hikmah.

                    60. Al Mu’iidu (Yaa Mu’iid)
                    Maha Mengembalikan
                    124 x tiap usai shalat 5 waktu atau 1000 x setelah shalat Malam, Insya Allah anggota keluarga yang minggat aan kembali dengan selamat.

                    61. Al Muhyie (Yaa Muhyii)
                    Maha Menghidupkan
                    70 x setiap selesai shalat Shubuh dan Maghrib, Insya Allah akan dijauhkan dari penyakit jasmani dan rohani, dimuliakan martabat di dunia dan akhirat.

                    62. Al Mumiitu (Yaa Mumiitu)
                    Maha Mematikan
                    90 x setiap selesai shalat fardhu Insya Allah kedudukan dan usaha akan semakin lestari mendapat keseimbangan atas lawan-lawan.

                    63. Al Hayyu (Yaa Hayyu)
                    Maha Hidup
                    Berzikirlah dengan asma ini sebanyak-banyaknya, Insya Allah akan diberikan panjang umur dan memelihara iman dari sifat musyrik dan munafik.

                    64. Al Qoyyuumu (Yaa Qayyuum)
                    Maha Berdiri Sendiri
                    Barangsiapa membaca asma ini sebanyak-banyaknya tiap hari, siang atau malam, dengan membaca lengkap “Yaa Hayyu Yaa Qoyyuumu, Insya Allah akan diberi jalan kelancaran rizqi, dicintai, disegani dan dihormati orang.

                    65. Al Waajidu (Yaa Waajid)
                    Maha Mengadakan/Menemukan
                    Membaca asma ini secara rutin Insya Allah akan dikaruniai kekayaan batin, kemantapan jiwa.

                    66. Al Majidu (Yaa Maajid)
                    Maha Mulia
                    400 x setelah shalat Shubuh dan Maghrib, Insya Allah akan menjernihkan hati dan pikiran kita sehingga mudah menerima ilmu hikmat.

                    67. Al Waahidu (Yaa Waahid)
                    Maha Esa
                    Bagi yang belum dikaruniai akan, bacalah asma ini 333 x setelah shalat fardhu selama 1 bulan, dalam keadaan puasa Senin-Kamis, Insya Allah akan segera dikaruniai anak.

                    68. Ash Shomadu (Yaa Shamad)
                    Maha Dibutuhkan
                    Berzikir dengan asma ini sebanyak-banyaknya, akan dibebasakan dari kekurangan sandang pangan. Dan suami-istri yang belum punya anak Insya Allha dikabulkan dzikirnya.

                    69. Al Qoodiru (Yaa Qaadir)
                    Maha Kuasa
                    309 x setiap hari, Insya Allah segala maksud dan cita-cita akan segera tercapai.

                    70. Al Muqtadiru (Yaa Muqtadir)
                    Maha Menentukan/Maha Berkuasa
                    554 x dibiasakan setiap hari, Insya Allah segala hajat baiknya akan segera terlaksana.

                    71. Al Muqoddimu (Yaa Muqaddim)
                    Maha Mendahulukan
                    183 x setap hari secara rutin, Insya Allah bagi mempunyai usaha akan berhasil dalam usahanya, dan bagi yang sedang perang akan bebas dari marabahaya perang itu.

                    72. Al Mu’akhkhiru
                    Maha Mengakhirkan
                    300 x setiap hari, Insya Allah akan diberi gairah dan kekuatan untuk menjalankan keta’atan pada Allah, mendapat ridho-Nya dan diterima tobatnya.

                    73. Al Awwalu (Yaa Awwal)
                    Maha Awwal/Maha Pertama
                    33 x setiap hari secara rutin, Insya Allah segala hajat akan lekas tercapai.

                    74. Al Aakhiru (Yaa ‘Aakhir)
                    Maha Akhir/Maha Penghabisan
                    300 x setiap kali selesai shalat fardhu, Insya Allah akan dibukakan rezeki halal. Sehingga ia selalu dalam kecukupan terjauh dari kemiskinan.

                    75. Adl Dloohiru (Yaa Zhaahir)
                    Maha Nyata
                    Membaca asma ini setelah shalat fardhu sebanyak mungkin, Insya Allah akan diterangkan kalbunya dan dibuka rahasia-rahasia serta ilmu yang sukar.

                    76. Al Baathinu (Yaa Baathinu)
                    Maha Tersembunyi
                    30 x setelah shalat fardhu, Insya Allah akan diberi pengertian-pengertian dari segala yang tidak terlihat oleh pandangan mata.

                    77. Al Waalii (Yaa Waalii)
                    Maha Menguasai
                    10.000 x siang atau malam, Insya Allah hatinya akan dibuka oleh Allah SWT sehingga menjadi orang yang berma’rifat.

                    78. Al Muta’aali (Yaa Muta’aali)
                    Maha Tinggi
                    Dibaca di tengah malam setelah selesai shalat Hajat, Insya Allah akan berhasil apa yang dicita-citakan.

                    79. Al Barru (Yaa Barr)
                    Maha Melimpahkan Kebaikan
                    Membaca asma ini sebanyak-banyaknya setiap selesai shalat fardhu, Insya Allah segala yang dihajatkan akan segera berhasil.

                    80. At Tawwaabu (Yaa Tawwaab)
                    Maha Penerima Taubat
                    Berdzikir sebanyak-banyaknya, Insya Allah dosa-dosa kita akan diampuni oleh-Nya, dimudahkan kembali ke jalan yang benar.

                    81. Al Muntaqimu (Yaa muntaqim)
                    Maha Penyiksa
                    700 x setiap usai shalat 5 waktu atau shalat Hajat, Insya Allah dapat pertolongna mengalahkan musuh.

                    82. Al ‘Afuwwu (Yaa ‘Afuww)
                    Maha Pemaaf
                    Berdzikir sebanyak mungkin setiap hari, Insya Allah dosa-doasa kita dimaafkan oleh-Nya, dikaruniai akhlak terpuji, disukai orang dan bebas permusuhan.

                    83. At Ra’uuf (Yaa Ra’uuf)
                    Maha Pengasih (Banyak Rahmat)
                    Dibaca sebanyak mungkin setelah shalat fardhu, Insya Allah ia akan disenangi teman, dihormati dalam pergaulan dan mempunyai wibawa yang besar.

                    84. Maalikal Mulki
                    Maha Memiliki Kerajaan
                    700 x setiap hari selama 1 bulan, setelah selesai shalat Hajat, Insya Allah kedudukan/jabatannya tetap berada di tangannya, sehingga tidak mudah digoyahkan siapapun.

                    85. Dzul jalaali Wal Ikroomi
                    Maha Agung dan Mulia
                    70 x setiap hari selama sebulan, Insya Allah semua hajatnya akan lekas tercapai.

                    86. At Muqsithu (Yaa Muqsith)
                    Maha Adil/Maha Mengadili
                    Asma ini snagat penting sekali diamalkan oleh para hakim dan para pemimpin, Insya Allah dengan banyak membaca asma ini, akan diberi sifat adil dalam memberikan pertimbangan dan bebas dari godaan-godaan.

                    87. Al Jaami’u (Yaa Jaami)
                    Maha Mengimpun/Mengumpulan
                    Baca sebayak mungkin pada tiap matahari akan terbit dan akan terbenam, Insya Allah barang yang hilang atau keluarga yang minggat akan segera kembli.

                    88. Al Ghoniyyu (Yaa Ghaniyy)
                    Maha Kaya
                    Dibaca sesudah shalat fardhu, Insya Allah akan dianugerahi kekayaan lahir bathin, dimudahkan hidup.

                    89. Al Mughnii (Yaa Mughnii)
                    Maha Memberi Kekayaan
                    Dzikir sebanyak-banyaknya setelah shalat fardhu selama 40 hari, Insya Allah akan dimudahkan dalam mendapatkan rezki.

                    90. Al Maani’u (Yaa Maani)
                    Maha Menolak Memudlorotan
                    161 x setiap hari sebelum shalat Shubuh, Insya Allah akan diberikan keluarga (rumah tangga) yang tentram dan terhindar dari kezaliman.

                    91. Adh Dhoorru (Yaa Dhaarr)
                    Maha Mendatangkan Kerusakan
                    1000 x setiap hari, bagi yang menderita penyakit yang belum kunjung sembuh, Insya Allah akan ditunjukkan obatnya, sehingga ia akan sembuh.

                    92. An Naafi’u (Yaa Naafi’)
                    Maha Pemberi Manfaat
                    Setiap hari sebanyak-banyaknya, Insya Allah akan melenyapkan duka cita, menghindarkan bencana dan menyembukan penyakit.

                    93. An Nuuru (Yaa Nuur)
                    Maha Bercahaya
                    Dibaca setelah shalat fardhu, Insya Allah memperoleh cahaya dihati dan makrifat kepada Allah, diberi kemuliaan di dunia dan akhirat.

                    94. Al Haadii (Yaa Haadii)
                    Maha Pemberi Petunjuk
                    Bagi orang yang tersesat di tengah perjalanan, bacalah asma ini sebanyak-banyaknya, Insya Allah ia akan diberi ilmu kerohaniaan sehingga ia menemukan jalan yang benar, jauh dari jalan kesesatan.

                    95. Al Badii’u (Yaa Badii’)
                    Maha Pencipta Keindahan
                    70 x setiap hari terus menerus, Insya Allah akan terbebas dari kesulitan, sehingga segala rencana akan segera berhasil.

                    96. Al Baaqii (Yaa Baaqii)
                    Maha Kekal
                    100 x setiap hari sebelum terbit matahari, Insya Allah usaha yang selama ini dapat diandalkan sebagi sumber rizqi, akan tetap langgeng dan lancar.

                    97. Al Waaritsu (Yaa Waarits)
                    Maha Pewaris
                    707 x setiap malam, Insya Allah usahanya akan bertambah maju dengan pesat, dikaruniai panjang umur dan hidupnya akan berhasil.

                    98. Ar Roosyidu (Yaa Rasyiid)
                    Maha Pandai
                    Asma ini perlu sekali diwiridkan khususnya bagi pelajar/mahasiswa atau siapa saja yang ingin memiliki fikiran cerdas dan terhindar dari kesulitan.

                    99. Ash Shobuuru (Yaa Shabuur)
                    Maha Penyabar
                    Barangsiapa membiasakan diri membaca asma ini sebanyak mungkin, Insya Allah akan diberi hati yang sabar, mendapat keberhasilan dan berkah dalam usahanya.

                    Wassalam (Tuesday, 1 September 2009)